BerandaRelationship8 Tanda Hubungan Anda Benar-Benar Hanya Rangkaian Bom Cinta Manipulatif

8 Tanda Hubungan Anda Benar-Benar Hanya Rangkaian Bom Cinta Manipulatif

- Advertisement -

TIPS PERCINTAAN – 8 Tanda Hubungan Anda Benar-Benar Hanya Rangkaian Bom Cinta Manipulatif. Pernahkah Anda merasa bahwa segala sesuatunya terlalu indah untuk menjadi kenyataan dengan orang yang Anda kencani? Pada awalnya, mungkin mereka menghujani Anda dengan pujian, perhatian, dan, secara umum, membuat Anda merasa istimewa seperti Anda.

Tetapi begitu Anda merasa nyaman dengan apa yang tampaknya menjadi normal baru Anda, pasangan Anda membalik naskahnya. Anda, teman saya, mungkin saja menjadi subjek yang tidak menguntungkan dari situasi bom cinta.

Bom cinta mengacu pada bentuk manipulasi emosional di mana seseorang—dan seringkali orang yang narsis—”membom” Anda dengan kasih sayang, sanjungan, hadiah, dan pujian yang berlebihan di awal hubungan untuk menang. atas perhatian Anda dengan tujuan untuk dapat mengendalikan Anda. “Orang dengan gangguan kepribadian narsistik biasanya memiliki rasa aman yang rendah dalam diri mereka sehingga mereka mendapatkan harga diri dari validasi eksternal,” kata terapis Mallory Grimste, LCSW. “Karena mereka merasa sangat di luar kendali, mereka mencoba mengendalikan orang lain agar merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri.”

Bom cinta mengacu pada ketika orang narsis “membom” Anda dengan kasih sayang, sanjungan, hadiah, dan pujian yang berlebihan di awal hubungan untuk memenangkan perhatian Anda dengan tujuan untuk dapat mengendalikan Anda. .

Tetapi sulit untuk memperhatikan tanda-tanda awal bom cinta karena biasanya terjadi selama bagian dari siklus pelecehan orang narsistik ketika segalanya baik-baik saja, kata Grimste. (Ingat, orang narsis cenderung menawan untuk jangka waktu tertentu.)

Jadi di bawah ini, para ahli menguraikan tanda-tanda bom cinta yang harus dicari dalam hubungan apa pun. Karena Anda pasti tidak ingin hati Anda tercampur dalam salah satu situasi yang sangat manipulatif ini.

8 tanda hubungan Anda benar-benar hanya serangkaian bom cinta

1. Pasangan Anda membuat Anda percaya bahwa Anda bisa melakukan “lebih baik”

Itu normal bagi pasangan Anda untuk menginginkan yang terbaik untuk Anda, tetapi itu tidak berarti mengkritik segala sesuatu dalam hidup Anda atas nama “membantu Anda.” Menurut psikoterapis berlisensi Michele Paiva, seorang pengebom cinta mengungkapkan apa yang mereka sukai dari Anda dengan menempatkan Anda di tempat yang tinggi, tetapi ketika mereka menginginkan lebih banyak perhatian Anda, mereka akan menjatuhkan orang atau benda dalam hidup Anda untuk membuat Anda percaya kepada Anda. pantas mendapatkan lebih.

“Itu semua dalam bentuk pujian untukmu. Misalnya, mereka akan memberi tahu Anda bahwa sepatu kets Anda semuanya salah, dan mereka akan mengajari Anda cara berbelanja untuk itu, “kata Paiva. “Romansa mereka didasarkan pada menjadikan diri mereka pahlawan di setiap halaman dongeng yang mereka coba ciptakan.”

2. Mereka mengatakan apa yang ingin kamu dengar

Seorang pengebom cinta melakukan segala daya untuk membuat Anda memihak mereka, termasuk memberi tahu Anda apa yang ingin Anda dengar, bahkan jika itu berarti membengkokkan kebenaran. Bentuk poin manipulasi ini mencerminkan kesediaan si pengebom cinta untuk melakukan apa saja untuk mengendalikan situasi sebagai cara untuk memastikan mereka menerima kasih sayang dan perhatian.

3. Anda menerima hadiah mahal—dan tahu berapa harganya

Tentu saja, memberi hadiah pada dasarnya tidak buruk. Namun alih-alih memanjakan Anda hanya karena, seorang pengebom cinta akan membuat Anda merasa berhutang budi. Pembom cinta memandang pemberian hadiah sebagai pertukaran, artinya mereka memberi untuk mendapatkan, kata Grimste. “Dengan memberi tahu S.O. mereka berapa banyak yang mereka belanjakan untuk mereka, mereka mengukur investasi mereka dan nilai orang tersebut,” katanya.

BACA BERIKUTNYA INI : 6 Zodiak Paling Insecure dan Tidak Percaya Diri Didepan Umum

4. Pujian tidak ada habisnya

Pujian memang bagus, tetapi ketika seorang pengebom cinta membagikannya, itu ada harganya. “Quid pro quo adalah mantra manipulator. Mereka tahu bahwa jika mereka terus menerus memuji, cepat atau lambat, Anda akan merasa berkewajiban untuk membalasnya—bahkan jika Anda tidak ingin melakukannya,” kata Paiva.

Selain itu, pujian tanpa akhir membuat Anda berisiko dikondisikan oleh pujian itu sendiri. “Anda mulai dibentuk menjadi apa yang mereka inginkan dan apa yang mereka butuhkan,” kata Paiva, mencatat bahwa mengembangkan keinginan untuk pemujaan ini memberi pengebom cinta kontrol yang dapat menyebabkan Anda mengisolasi diri dari orang lain dalam hidup Anda.

5.PDA? Terlalu banyak, sebenarnya

Selain pujian terus-menerus, seorang pengebom cinta mungkin akan menghujani Anda dengan kasih sayang fisik dan digital. Pikirkan: Menyentuh Anda dan menggunakan bahasa tubuh yang hangat di depan orang yang Anda cintai dan memposting postingan romantis di Instagram. “Mereka menunjukkan kepada semua orang bukti nyata bahwa Anda ‘menyukai’ mereka.

Bentuk pengeboman cinta ini adalah pengaturan lampu gas untuk membuat Anda tampak seperti orang brengsek begitu Anda mencoba menarik diri setelah Anda sendiri secara publik manis,” kata Paiva.

6. Pasangan Anda mungkin membuat Anda percaya bahwa Anda melakukan sesuatu yang salah (ketika Anda tidak melakukannya)

Ah, lampu gas. Orang narsis yang suka bom menggunakan taktik ini untuk membuat Anda merasa bersalah atau bingung. “Mereka akan membuat Anda percaya bahwa Anda bertanggung jawab atas batasan atau perilaku buruk mereka,” kata Grimste. “Karena mereka belum mengembangkan rasa diri yang kuat, emosi tidak nyaman, seperti takut tidak disukai atau dicintai, dapat dirasakan tak tertahankan.

Menjadikan ketidaknyamanan ini sebagai kesalahan Anda menjadikannya tanggung jawab Anda untuk memperbaikinya, tambahnya.

7. Anda diharapkan untuk memberikan kasih sayang yang mereka inginkan

Mereka berharap untuk selalu duduk di sebelah Anda, menyentuh Anda, dan melihat Anda kapan pun mereka mau. Dan begitu Anda tidak membalas pesan teks atau menyebutkan bahwa Anda terlalu lelah untuk hang out pada malam tertentu, mereka “tidak hanya akan marah, tetapi juga melakukan hal yang ekstrem,” kata Grimste. “[Mereka mungkin] mengancam untuk mengakhiri hubungan, memberi tahu Anda bahwa Anda tidak menghargai hubungan, atau, dalam situasi ekstrem, mengancam membahayakan Anda, orang yang Anda cintai, atau bahkan diri mereka sendiri.”

8. Perasaan berjalan di atas kulit telur itu biasa terjadi

Ini adalah tanda lain Anda berurusan dengan orang narsis pengebom cinta kelas satu. Mungkin Anda mencoba menetapkan batasan pribadi, dan dia bereaksi secara emosional, membuat Anda melangkah dengan ringan ke depan. “Ketika korban mulai menunjukkan kasih sayang kepada  siapa pengebom cinta, korban dicaci maki atau harus berurusan dengan drama dalam beberapa cara,” kata Paiva. “Mereka akan berjalan di atas kulit telur karena hal lain akan ‘dihukum’.”

Menyadari tanda-tanda bom cinta ini dapat membantu Anda keluar dari hubungan lebih cepat daripada nanti. Karena jika itu terasa terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, ada kemungkinan besar itu benar.

- Advertisement -
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

- Advertisment -